Sabtu, 10 Desember 2011

KARAKTERISTIK DAN PELAKU SISTEM


1.      Memiliki komponen
Sebuah sistem terbentuk atas beberapa komponen yang saling berhubungan atau berinterkasi, bekerja sama dan membentuk suatu kesatuan. Komponen sistem berupa subsistem atau bagian daris sistem-sistem yang lain. Setiap subsistem memiliki fungsi tertentu dalam sistem tersebut yang mempengaruhi jalannya sistem tersebut.

2.      Batas sistem
Batas sistem adalah daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain. Batas sistem menunjukan ruang lingkup dari sistem tersebut.

3.      Input
Masukan atau data yang dimasukan ke dalam sebuah sistem yang akan diolah.
4.      Output
Hasil dari proses yang telah diolah didalam sebuah sistem
5.      Proses
Bagian yang memproses masukan untuk menjadi output yang diinginkan oleh user 

Pelaku sistem terdiri dari 7 kelompok :

1.      Pemakai 
Secara umum ada 3 jenis pemakai dalam sebuah sistem yaitu operasional, pengawas, dan eksekutif.

2.      Manajemen
Terdiri atas 2 jenis manajemen diantara adalah, manajemen pemakai adalah yang bertugas menangani penggunaan sistem yang baru diterapkan, manajemen sistem adalah yang terlibat dalam strategi perencanaan sistem dan pendukung pengambilan keputusan.



3.      Pemeriksa
Pemeriksa biasanya diperlukan untuk sistem yang rumit yang dikerjakan dan bentuk alami organisasi dimana sistem tersebut diterapkan. Pemeriksa biasanya menentukan sistem yang harus dikembangkan dalam perusahaan tersebut.

4.      Penganalisa sistem
Fungsi dari penganalisa sistem antara lain :
·         Menelusuri bagaimana sebuah sistem berjalan, bagaimna sebuah sistem dijalankan dan semua hal yang meyangkut dengan sistem.
·         Membantu mengembangkan sebuah sistem dan membuka wawasan bagi pemakai sistem tersebut untuk kemungkinan kemungkinan lain.
·         Menjalankan fungsi komunikasi dari semua level organisasi pengguna sistem tersebut.

5.      Pendesain sistem
Pendesain sistem adalah orang yang menganalisa sistem, yang dianalisa antara lain berupa kebutuhan pemakai sistem yang tidak berorientasi pada teknologi tertentu, kemudian mendesain sistem tersebut dalam arsitektur tingkat tinggi dan dapat diformulasikan oleh programmer.

6.      Programmer
Mengerjakan program yang telah diberikan oleh pendesain sistem

7.      Personel pengoprasian
Bertugas dan bertanggung jawab di pusat komputer untuk keamanan perangkat keras, keamanan perangkat lunak, percetakan dan backup data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar