Sabtu, 10 Desember 2011

KLASIFIKASI SISTEM



Sistem informasi merupakan bentuk integrasi antara komponen satu dengan komponen lainnya, sistem informasi memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap pengguna sistem informasi tersebut. Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan diantaranya adalah :
a.       Sistem abstrak adalah sistem yang tidak terlihat secara fisik tetapi berupa idea tau pemikiran
b.      Sistem fisik adalah sistem yang terlihat secara fisik
c.       Sistem alamiah sistem yang terjadi melalui proses alam
d.      Sistem buatan sistem yang dirancang oleh manusia yang melibatkan interkasi antara manusia dengan mesin.
e.       Sistem tertentu, sistem yang beroprasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diperkirakan.
f.       Sistem tidak tentu, sistem yang kedepannya tidak dapat diprediksi karena mengandung probabilitas
g.      Sistem tak tentu, sistem yang bekerja secara otomatis yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh sistem lainnya.
h.      Sistem terbuka, sistem yang berhubungan dengan sistem di sekitarnya, dikenal dengan sistem terotomatisasi yang merupakan bagian dari sistem buatan yang di control oleh satu atau lebih komputer.

Sistem terotomasi terbagi dalam sejumlah katagori
-          On-line system
Sistem online adalah sistem yang menerima langsung input data dari area dimana input tersebut direkam dan langsung menghasilkan output.
-          Real time system adalah mekanisme control, perekam data, pemrosesan data yang sangat cepat sehingga output yanh dihasilakan dapat diterima oleh user dalam waktu yang relative sama dengan waktu inputnya.
-          Decision support system, sistem yang memproses transaksi organisasi dan membantu manajer dalam mengambil sebuah keputusan, mengevaluasi dan menganalisa.


Hah mendasar dalam pengembangan sistem
Penganalisa sistem merupakan bagian dari team yang berfungsi mengembangkan sistem yang memiliki fungsi dan daya guna yang tinggi guna memenuhi kenutuhan pemakai informasi pengembangan ini dipengaruhi oleh :

-          Produktifitas  pada saat ini dibutuhkan sebuah sistem yang lebih banyak, bagus, dan cepat dalam mengerjakan sejumlah hal ataupun dalam menyediakan sebuah informasi. Hal ini membutuhkan lebih banyak programmer dan penganalisa sistem yang berkualitas dalam bekerja.
-          Rehabilitas waktu yang digunakan oleh sebuah sistem dalam menjalankan fungsinya
-          Maintabilitas yaitu perawatan sistem perangkat keras yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan sebuah data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar