Selasa, 13 Desember 2011

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KESEHATAN


A.     Pengertian
Sistem informasi kesehatan adalah sebuah kumpulan dari komponen-komponen sistem yang terintegrasi dengan baik yang mengatur bidang kesehatan. Kadang disebut juga sistem informasi kesehatan (SIK) atau health information system (HIS). Pada umumnya unsur-unsurnya dianggap sudah terintegrasi (build-in) hampir semua fungsi, unsur atau komponen dari sistem manajemen organisasi secara keseluruhan, karena dalam setiap tahap pengambilan keputusan dalam proses manajemen hampir selalu memerlukan dukungan data informasi yang baik dalam setiap pengambilan keputusan.
Sistem informasi manajemen kesehatan adalah sebagai bagian dari sebuah sistem administrasi kesehatan merupakan kesatuan/rangkaian kegiatan-kegiatan yang mencakup seluruh jajaran upaya kesehatan diseluruh jenjang administrasi yang mampu memberikan informasi kepada seluruh komponen pelayanan kesehatan diantaranya adalah :
1.    Pengelol ata user, yaitu para administrator atau manajer kesehatan untuk dasar pertimbangan menentukan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi-fungsi administrasinya sebagai pengelola dan pelayanan kesehatan.
2.    masyarakat, dalam upaya untuk meningkatkan kemampuannya untuk menolong dirinya sendiri dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya.
Sumber daya organisasi antara lain untuk mendukungg sebuah sistem yang baik antara lain, man, money, macine, method, material, dan juga data/informasi. Peran utama dari data/informasi pada hakekatnya adalah pada dukungannya terhadap fungsi-fungsi administrasi/manajemen dalam pengelolaan data dan informasi program kesehatan.
Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita rasakan bagaimana sulitnya menentukan kebijakan atau pengambilan keputusan yang baik bila data/informasi yang akan dipakai untuk mendasarinya kurang atau tidak cukup tersedia ketika dibutuhkan. Tanpa dukungan data/informasi yang baik kebijakan yang kita ambil akan kurang tepat atau keliru.

B.  Tujuan dan manfaat
Upaya pemantapan dan pengembangan sistem informasi kesehatan ditujukan ke arah terbentuknya suatu sistem informasi kesehatan yang berhasil dan berdaya guna, yang mampu memberikan informasi yang akurat, tepat waktu dan dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan untuk:
1.  Pengambilan keputusan di seluruh tingkat administrasi dalam rangka perencanaan, penggerakan pelaksanaan, pengawasan,  pengendalian dan penilaian
2.     Mengatasi masalah-masalah kesehatan melalui isyarat dini dan upaya penanggulangannya
3.  Meningkatkan penggunaan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan

C. Masalah-Masalah dalam Pengembangan SIKNAS dan SIKDA
Untuk mewujudkan SIKNAS (Sistem Informasi Kesehatan Nasional) yang diharapkan akan sangat membantu dalam pelayanan kesehatan nasional ternyata masih menemui banyak kendala didalam pengembangannya sehingga masih banyak yang perlu diperbaiki. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain :
1.     Pemanfaatan data dan informasi oleh manajemen belum optimal
Era sentralisasi menyebabkan segala sesuatunya serba dari atas menyebabkan para manajer tidak pernah memikirkan perlunya memanfaatkan data atau infromasi untuk mendukung pengambilan keputusannya
2.    Pemanfaatan data dan informasi oleh masyarakat kurang dikembangkan
Minat masyarakat memanfaatkan data dan informasi semakin meningkat dengan makin meluasnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Namun demikikian tuntutan masyarakat yang meningkat ini kurang berkembang di bidang kesehatan karena kurangnya respon dari masyarakat itu sendiri dalam bidang kesehatan.
3.    Pemanfaatan teknologi komputer belum memadai
Biaya untuk teknologi komputer memang besar, ditambah lagi dengan kurangnya pengetahuan dalam menggunakan teknologi komputer. Apresiasi yang rendah ini dikarenakan oleh alasan materu atau manfaat biaya, yang kurang memadai.  Investasi untuk teknologi komputer yang besar belum dapat menjamin akan menghasilkan manfaat yang sepadan jika tidak digunakan dengan benar.
4.    Dana untuk pengembangan sistem informasi kesehatan terbatas
Masalah yang paling sering dihadapi adalah masalah finansial. Kelemahan ini berkaitan dengan masalah rasio biaya manfaat yang maasih sangat rendah. Selain investasi, sistem informasi kesehatan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk pemeliharaan dan perawatannya.
5.    Kurangnya tenaga purna waktu untuk sistem informasi kesehatan
Kurangnya tenaga ahli dalam mengolah dan memelihara sebuah sistem juga menjadi kendala yang paling sering dihadapai. Selama ini di daerah, pengelola data dan informasi umumnya adalah tenaga yang merangkap tugas atau jabatan lain. Belum lagi ditambah dengan rendahnya keterampilan dan pengetahuan mereka di bidang informasi, khususnya teknologi informasi dan manfaatnya.

D. Strategi Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Nasional
Berdasarkan kepada masalah masalah yang telah dihadapi dalam pengembangan sistem infromasi kesehatan nasional maka dapat diterapkan beberapa strategi dalam pengembangan SIKNAS antara lain :
1.      Integrasi sistem informasi kesehatan yang ada
Sistem yang telah ada dalam dunia kesehatan akan lebih efisien jika disatukan dalam sistem yang lebih besar. Sistem-sistem ini lebih berupa pengembangan pembagian tugas dan tanggung jawab yang saling berhubungan. Dengan integrasi ini diharapkan sebuah sistem yang akan digunakan bekerja secara terpadu dan saling berhubungan dengan sinergis dalam membentuk SIKNAS. Mekanisme saling hubung, khususnya dengan Pusat Data dan Informasi Departemen Kesehatan akan menjamin dapat dilakukannya pengolahan dan analisis data secara komprehensif dalam dunia kesehatan.
2.      Fasilitasi pengembangan sistem informasi kesehatan daerah
Sistem Informasi Kesehatan Daerah mencakup SIK yang dikembangkan di unit-unit pelayanan kesehatan (khususnya puskesmas dan rumah sakit), SIK kabupaten/ kota, dan SIK provinsi. Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Puskesmas memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan-kegiatannya masing masing dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dianaranya :
a.   Mencatat dan mengumpulkan data baik kegiatan dalam gedung maupun luar gedung
b.   Mengolah data
c.   Membuat laporan berkala ke Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota
d.   Memelihara bank data
e.   Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen pasien dan manajemen unit puskesmas
f.    Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya.
Sistem Informasi Kesehatan di rumah sakit  memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain :
a.   Memantau indikator kegiatan-kegiatan penting rumah sakit (penerimaan pasien, lama rawat, pemakaian tempat tidur, mortalitas, waktu tunggu dan lain-lain)
b.   Memantau kondisi finansial rumah sakit (cost recovery)
c.   Memantau pelaksanaan sistem rujukan
d.   Mengolah data
e.   Mengirim laporan berkala ke Dinas Kesehatan/ Pemerintah setempat
f.    Memelihara bank data
g.   Mengupayakan penggunaan data dan informasi untuk manajemen pasien dan manajemen unit rumah sakit
h.   Memberikan pelayanan data dan informasi kepada masyarakat dan pihak-pihak berkepentingan lainnya di wilayah kerjanya
3.      Pengembangan pelayanan data dan informasi untuk masyarakat
Pemanfaatan fasilitas intranet dan internet karena penggunaannya sudah meluas di masyarakat. Depkes menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga-tenaga fungsional pengelola data dan informasi kesehatan.



3 komentar:

  1. terima kasih admin sudah membagikan informasi tentang sistem informasi kesehatan. semoga saja program ini dapat berjalan dengan baik di indonesia.

    BalasHapus
  2. Tks sangat membantu.. Makalah SIM yg ringan cocok buat mhswa smt awal

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Kak, Mau tanya refenrensinya dapat darimana Kak?

    BalasHapus