Sabtu, 10 Desember 2011

KOMPONEN DASAR SISTEM INFORMASI


Sistem informasi terdiri atas komponen atau unsure yang terdiri dari komponen input, output, model, teknologi, hardware, software dan basis data. Semua komponen komponen terbeut saling berhubungan dan berinterkasi satu dengan yang lain untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

1.      Komponen input
Komponen input adalah data yang masuk kemudia diolah menjadi sebuah informasi. Input termasuk metode dan media yang mengumpulkan data yang ingin dimasukan, atau sebuah data – data dasar, yang kemudia diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

2.      Komponen model
Komponen model terdiri atas gabungan dari logika, prosedur yang akan memanipulasi data input dan tersimpan dalam basis data untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

3.      Komponen output
Komponen output adalah komponen yang sangat penting karena hasil dari sebuah sistem informasi adalah keluaran yang berupa informasi yang beguna dan berkualitas yang berguna dan bermanfaat bagi pemakai sistem itu untuk pengambilan keputusan dan untuk keperluan yang lain.

4.      Komponen teknologi
Tekhnologi adalah alat yang digunakan untuk menerima input, mengolah dan memproses input, menjalankan prosedur, meyimpan data, menghasilkan dan mengirim output dan membantu mengendalikan sebuah sistem secara keseluruhan.

5.      Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu alat atau media yang berfungsi sebagai penyimpanan vital bagi sebuah sistem informasi. hardware berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau sumber data agar mempermudah sebuah sistem informasi.

6.      Komponen software
Komponen Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung, memproses  yang diambil dari hardware untuk membuat sebuah sistem informasi yang diinginkan.

7.      Komponen basis data
Basis data atau database adalah kumpulan data yang saling berhubunan dan berkaiyan satu denga yang lainnya, yang tersimpan di perangkta keras komputer (hardware) dan menggunakan perangkat lunak (software) untuk memprosesnya. Basis data dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak paket yang disebut dengan DBMS (Database Management System).  Data harus disimpan dalam basis data untuk keperluaan penyediaan informasi selanjutnya. Data yang ada didalam basis data harus di organisasikan sebaik mungkin untuk dapat menghasilkan sebuah informasi yang berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanan basis data tersebut.

8.      Komponen control
Komponen control sangat diperlukan dalam sebuah sistem karena banyak hal yang dapat merusak sebuah sistem informasi, diantaranya kegagalan sistem atau bencana dari luar misalkan bencana alam. Control perlu dirancang dan diterapka untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem tersebut dapat diminimalisir dan dicegah, dan jika sudah terlanjur terjadi dapat langsung diatasi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar