Selasa, 13 Desember 2011

Pengelola Sistem Informasi


Salah satu perangkat yang paling penting dari sistem informasi adalah manusia sebagai pengelola informasi, dan pengguna informasi. Oleh karena itu hubungan antara manusia dan sistem informasi dengan pengelolanya sangat erat. Sistem informasi yang dibutuhkan sangat tergantung dari kebutuhan pengelolanya, dan baik atau buruk sebuah sistem tergantung dari pengelola sistem tersebut.

Pengelola sistem informasi atau user terorganisasi dan terintergrasi didalam suatu struktur manajemen yang telah diatur dialam sebuah organisasi tertentu. Oleh karena itu bentuk atau jenis sistem informasi yang diperlukan sesuai dengan level manajemennya.

·         Manajemen Level Atas untuk perencanaan strategis, kebijakan dan pengambilan keputusan.
·         Manejemen Level Menengah: untuk perencanaan taktis dan pengambilan keputusan.
·          Manejemen Level Bawah: untuk perencanan dan pengawasan operasi dan pengambilan keputusan.
·         Operator: untuk pemrosesan transaksi dan merespon permintaan.










Kemudian setelah dikembangkan dengan semakin besarnya lingkup sebuah informasi yang memerlukan adanya penataan kembali personel dengan baik terumata pada struktur manajemen yang mendukung pengambilan sebuah keputusan yang sangat penting didalam sebuah organisasi. Sangat Perlu juga Manajemen sumber daya manusia yang perlu dilakukan dengan benar agar sistem informasi dapat berjalan dengan baik. Hal itu dilakukan untuk mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan yang bersifat manusiawi (Human eror)  yang dapat mengurangi mutu informasi yang dihasilkan sebuah sistem tersebut.
Kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi didalam sebuah sistem diantaranya adalah :
·         Metode pengumpulan dan pengukuran data yang tidak tepat.
·         Operator sistem tidak mengikuti prosedur pengolahan yang benar sehingga menyebabkan sistem bejalan dengan tidak benar.
·         Kehilangan data atau data tidak terolah.
·         Pemeriksaan atau pencatatan data yang salah.
·         Salah dalam menggunakan dokumen induk/file induk.
·         Kesalahan dalam prosedur pengolahan.
·         Kesalahan yang dilakukan dengan sengaja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar